Sabtu, 20 Oktober 2012

[Sinopsis Novel] Cinderella Journey

Nah, teman2 bagi yang sudah maupun belum membaca novel ini, aku mau sharing tentang sinopsis nya..barangkali aja langsung ada yang mau beli :D
Novel ini adalah novel terjemahan dari korea selatan :)
Selamat membaca ^^

Sinopsis Novel "Cinderella Journey"



Membuat Sinopsis dalam cerita Novel.
I.                              Judul Novel : Cinderella Journey
II.                         Nama Pengarang : Shin Min Young
III.                     Jumlah Halaman : 240 Halaman
IV.                         Nama Penerbit : Zettu Media
V.                             Unsur Intrinsik :
1.       Tema : perjalanan cinderella
2.     Alur : alur campuran
-         tahap-tahap alur :
-         Perkenalan : kejadian dimulai ketika Suki memecahkan sebuah sepatu kaca di toko barang antik.
-         Pertikaian : Suki telah memasuki dunia cinderella,setelah tahu bahwa Suki telah berbuat masalah dan telah mengubah alur kehidupan.
-         Klimaks : ketika Suki memasuki dunia Cinderella, Suki merasa ada hal yang aneh menimpa dirinya dan SungHyun lupa dengan pribadi Suki, ia juga tahu bahwa ia harus merubah kehidupan menjadi ”Happily Ever After”.
-         Peleraian : Namun, Suki tahu bahwa ia telah merubah alur cerita sebuah kehidupan dan berusaha untuk memperbaikinya dan Suki pun berhasil mengubahnya.
-         Penyelesaian : dan Suki juga tahu walaupun SungHyun telah lupa dengan dirinya, namun Suki yakin SungHyun akan jadi pangeran dalam hati nya.
3.     Latar : di toko sepatu, di sebuah hanok, di istana, di rumah sakit
4.     penokohan atau watak :
Suki : baik hati, tomboy, hyperaktif
Ren Gi : bijaksana, baik hati, ramah
JinWoo : Pintar, baik hati, ramah
Sung Hyun : tampan, gagah, baik
YongHee : menjengkelkan, lucu, baik
Suster Hana : baik, ramah
Bibi Jung : ramah, baik hati
Nyonya Ok : jahat, pemarah, licik, sombong
Ok Sangmin : jahat, licik
Ok Jihwa : sombong,jahat
5.     Sudut Pandang : orang ketiga dalam cerita
6.     Amanat : Jika ingin bertindak harus berpikir dahulu sebelum mendapat resiko yang di tanggung. Harus bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan dan berusaha memperbaikinya.

VI.                         Sinopsis Cerita

Cinderella Journey
     Moon Suki tidak pernah menyangka kalau dia akan merubah sebuah alur kehidupan yang telah tertancap dalam kehidupan masyarakat hanya karena memecahkan sebuah sepatu kaca di dalam toko barang antik.
Tiba tiba terdengar bunyi  PRAAANNGG!! Tak sengaja Suki memecahkan sepatu kaca yang ada di toko itu, Dan segera pergi dari toko itu. Ketika ingin keluar membuka pintu toko, nenek itu menyumpah dengan suara yang lantang, ia berkata ”kau harus tanggung jawab karena ulah mu kebahagiaan ini telah hancur. Sampai kau mengalahkan musuhnya, kau tidak akan pernah bisa kembali ke dunia asalmu yang kau cintai itu!”.
   Keesokan harinya Suki bersekolah, setelah bel berbunyi tanda pulang sekolah, Suki memutuskan untuk pulang sendiri.
Suki harus menyebrang jalan menuju halte dan melihat keadaan toko barang antik tersebut. Minggu lalu Suki memaksa teman-temannya untuk mengunjungi toko barang antiktersebut, Suki meminta kepada nenek penjaga toko tersebut untuk memegang sepatu kaca yang dipajang di etalase toko itu. Awalnya nenek tidak menijinkan, lalu akhirnya sang nenek membolehkan Suki ntuk memegang sepatu kaca tersebut.
Suki menunggu jalanan sepi dan menyebrang. Terlintas matanya tertangkap bayangan seorang penjaga toko di balik pohon, tentu saja Suki refleks berbelok, tiba-tiba sebuah mobil mewah yang sedang melaju sangat kencang menghantam tubuh Suki dan membuatnya terpental sampai 10 meter.
   Perlahan-lahan Suki membuka matanya dan kaget karena dihadapannya ada 2 orang yang tak dikenalinya memakai baju Hanbok. Ternyata alam bawah sadar Suki telah memasuki dunia Cinderella dan seakan-akan Suki memiliki 2 nyawa yaitu hidup di dunia nyata dan di dunia Cinderella.
Tiba-tiba 2 orang lelaki itu memberitahu kepada Suki bahwa akan diadakan pesta dansa. Merasa tidak ada pilihan Suki pun bangun dan berjalan menuju ruangan yang merupakan tempat tinggal khusus wanita sekaligus dapur, rupanya di dalam sana ada 6 orang wanita dan salah satunya berumur 70 tahun.
Tidak memerlukan waktu yang banyak bibi Jung dan ke-lima wanita ini untuk mendandani Suki.
   Bibi Jung juga menyerahkan kotak kayu yang merupakan warisan dari ibu kandung nona. Suki pun langsung membuka nya, ternyata itu adalah sepasang Jipsin yang terbuat dari kaca. Suki tidak yakin kalau Jipsin nya ini muat di kedua kaki Suki, namun ajaib Jipsin itu ternyata pas dengan kedua kaki Suki. Bibi Jung menyuruh Suki untuk bersiap-siap menuju ke pesta dansa, namun bibi Jung berkata Nona harus meninggalkan istana sebelum jam 12 malam. Ketika sedang berada dalam kereta kuda, Suki ingat kepada teman-temannya, Suki juga memikirkan sesuatu yang sepertinya Suki dihisap oleh ’lubang hitam’ yang membuat nya pusing, Suki berharap semoga hanya mimpi.
   Sementara keadaan Suki dalam kehidupan nyata sedang berada di rumah sakit bersama teman-temannya. Ketika Ren Gi dan JinWoo memutuskan untuk pulang, seketika batin Suki pun bertanya-tanya mengapa aku sendirian seperti ini?. Suki pun tidak ingat bagaimana ia bisa terbaring di rumah sakit.
Suki terus memencet tombol berkali-kali, dan ajaib nya ada seorang suster yang mendengar bel itu. Datanglah seorang suster yang dipanggil Suki. Mereka langsung berkenalan dengan suster itu, nama suster yang sedang bersama Suki adalah suster Hana, setelah berbincang-bincang dengan Suki, suster Hana pun meninggalkan Suki sendiri.
   Keesokan harinya Suki terbangun dengan sendirinya, karena Suki merasa ada orang disekeliling nya yang datang. Ternyata mereka adalah Ren Gi dan JinWoo, setelah beberapa jam kemudian Ren Gi dan JinWoo memutuskan untuk pulang. Lantas Suki pun melarangnya karena Suki merasa kesepian di kamar itu. Namun Ren Gi dan JinWoo hanya tersenyum dan berpamitan untuk pulang, mereka berjanji akan kesini lagi.
Suki menyusuri koridor rumah sakit, ketika sampai di koridor rumah sakit yang ditemui adalah kamar mayat. Tiba-tiba pintu kamar mayat itu bergerak dan Suki pun terkejut,dan jantungnya pun berdetak-detak. Terdengar suara anak kecil berumur 10tahun berteriak kepada Suki. Suki pun berhenti berteriak dan melihat ternayata ada seorang anak kecil dihadapannya. Suki dan anak kecil itu pun berkenalan. Anak kecil berumur 10tahun itu bernama Yonghee, walaupun ia agak sedikit menyebalkan dan suka meledek ketika Suki berkenalan dengannya. Yonghee mengajak Suki untuk berjalan-jalan di taman dan bermain ayunan bersama, tiba-tiba ada seorang nenek yang ingin berkenalan dengan Suki. Nenek itu memanggil Suki dengan sebutan Moon Face, Suki bertanya kepada nenek itu mengapa terus membawa buku cerita Cinderella, ternyata nenek itu pun bercerita kepada Suki, bahwa si nenek itu juga suka dengan cerita Cinderella. Suki meminta nenek menceritakan cerita Cinderella yang ada di buku cerita itu.
Nenek pun langsung bercerita dihadapan Suki dan Yonghee.
”Pada jaman dahulu kala hiduplah seorang gadis yang cantik dan baik hati.Mereka berasal dari keluarga bangsawanbersama ayahnya. Namun ketika anaknya menikahi seorang janda beranak dua dari desa sebelah dan meninggal dunia, kehidupan cinderella berubah 180 derajat. Ia diperlakukan tidak manusiawi oleh ibu dan kedua kakak tirinya. Namun cinderella tetap tabah dan bersabar. Suatu hari telah diadakannya pesta dansa akan digelar, semua warga pun mengikiuti pesta dansa itu, namun tidak pada dirinya. Ia pun menagis. Seketika datanglah seorang ibu peri yang akan mengabulkan permintaannya. Cinderella pun siap untuk berangkat menuju istana. Cinderella pun duduk gelisah didalam kereta kuda, sudah lamaCinderella tidak mengikuti pesta dansa. Sepatu kaca nya yang indah dan berkelip-kelip dan beranggapan bahwa ini bukan dirinya. Cinderella pun berpikir, jika bertemu sang pangeran dalam kondisi yang tidak sebenarnya ini sama saja berbohong. Lalu cinderella memanggil ke arah kusir untuk turun dan buru-buru pergi........
Suki merasa dalam cerita tersebut ada hal yang menyimpang, dan mengapa cinderella malah turun dan kabur ke dalam hutan.
......cinderella pun langsung lari ke dalam hutan. Sementara itu di istana memang tidak menyenangkan. Cinderella pun terus berlari menerobos hutan sampai gaunnya robek, pipi dan dahi nya pun juga terkena ranting-ranting pohon yang tajam. Tiba-tiba cinderella pun tersandung akar pohon dan terjatuh dan sepatu kacanya pun terlepas. PRANNGG!!!............
Suki pun berteriak lagi, dan membuat nenek dan Yonghee terkejut. Nenek pun melanjutkan cerita nya lagi.
......Sang ibu tiri melihat kesempatan untuk memperkenalkan kedua anak nya kepada pangeran. Ibu tiri itu memperkenalkan kedua putri nya yang bernama Georgina dan Margueritte. Ibu tiri menawarkan kepada sang pangeran untuk berdansa kepada kedua putrinya. Tentu saja pangeran menerima tawaran itu. Mereka berdua berdansa secara bergantian. Entah kenapa pangeran merasa terpikat oleh kakak tiri pertama cinderella. Pangeran pun terus mengajak Georgina berdansa sepanjang pesta”.
T-A-M-A-T.
Suki bertanya kepada nenek, bagaimana dengan cinderella yang berada di hutan?, dan nenek menjawab nya dengan lembut, tentu saja cinderella tidak akan keluar dari hutan dan menghilang begitu saja. Suki pun langsung meninggalkan taman dan kembali ke kamar. Suki mengambil buku dongeng yang tadi diceritakan oleh sang nenek. Pikirannya mulai bergerumul tentang dongeng cinderella yang ending nya bukan Happily Ever After.
Ren Gi dan JinWoo datang menjenguk Suki. Suki pun bertanya kepada kedua temannya apakah di dunia ini ada orang yang mengalami Happily Ever After?, Ren Gi menjawab di dunia tidak ada yang mengalami Happily Ever After.
   Suki hanya menerima pendapat temannya itu. Tapi yang suki ketahui adalah semua akhir cerita dongeng pasti berakhir dengan Happy Ending. Tapi kedua sahabatnya akan berusaha memecahkan masalah ini bersama-sama. JinWoo adalah sahabat Suki yang pintar dalam memecahkan masalah, JinWoo pun berpikir, kunci dari semua ini terletak pada Suki. JinWoo bertanya kepada Suki, seberapa besar Suki ingin kembali ke dunia cinderella untuk memperbaiki kisahnya yang telah berantakan. JinWoo punya rencana untuk ini dengan menyambungkan masalah Suki ke lubang hitam atau ”Black Hole”. JinWoo meminta Suki untuk memfokuskan pikiran Suki pada cinderella. Kondisi terakhir pada saat Suki berada disana, karena ini akan menuntun Suki untuk masuk ke Lubang Hitam. Dan tengah malam nanti kita keluar menuju tempat awal kejadian, pukul tiga lewat tiga menit dan tiga detik adalah saatnya lubang hitam muncul. Kami sudah membuat chip yang akan tertancap dipikiran mu agar Suki dan SungHyun masih ingat dengan keadaan dunia nyata ketika sedang berada di dunia cinderella.
   Keesokan harinya pukul sudah menunjukan jam 2 malam, dan waktunya sebentar lagi akan datang lubang hitam itu, tak lama kemudian pukul telah menunjukan 3 lewat 3 menit 3 detik, akhirnya lubang itu pun datang menarik Suki dan SungHyun ke dalamnya. Untung saja mikro chip sudah dipasang dipikiran mereka dan JinWoo,Ren Gi bisa mengetahui keadaan mereka di alam bawah sadar mereka. Namun Chip yang terpasang di pikiran SungHyun tiba-tiba hilang, namun chip yang menempel di pikiran Suki masih ada. Sementra itu keadaan Suki di dalam dunia cinderella sedang bingung bagaimana memulai perjalanan ini. Suki mulai duduk dan terpaku di dalam sebuah kereta.langsung saja senyum lebar menghiasi wajahnya dan kembali ke dunia cinderella memakai Jipsin,Hanbok dan semuanya sama ketika awal Suki tertabrak oleh mobil dan terbawa ke dunia cinderella.
   Sesampainya di istana Suki memutuskan untuk keluar dan menuju arah paviliun. Tiba-tiba ada seorang yang berkata kepada Suki. Suki pun langsung terkejut. Dan mereka pun duduk berdua di paviliun dan berkenalan dengan pria itu. Tanpa disadari ternyata pria itu adalah Choi SungHyun. Lonceng bel berdetak tanda pukul 12 malam, Suki berlari dan tanpa disadari Jipsin yang dipakai lepas karena tersandung tangga.
   Keesokan harinya SungHyun menceritakan kepada mama nya tentang sepatu kaca itu. Sang raja langsung terkejut melihat Jipsin itu dan pangeran bingung Jipsin ini punya siapa, dan tidak ada yang mau mengakui nya. Pangeran pun pergi menuju paviliun istana. Dan dari kejauhan pun sang pangerang melihat sosok wanita berbalut Hanbok,Jeogori warna pink dan Chima berwarna biru tua. Pangeran langsung memanggil nama Moon Suki. Pangeran memperkenalkan Suki kepada orangtua nya. Pada akhirnya Suki pun bertunangan dengan pangeran tapi ibu tiri dan kedua kakak tiri Suki merasa geram dan kesal, mereka sering memfitnah Suki yang aneh-aneh.
Sampai pada saatnya sang ibu tiri dan kedua putrinya mengalah dan pasrah akan keadaan.
   Suki dan SungHyun pun akhirnya sudah kembali ke dunia nyata yang sekarang berada di rumah sakit, namun SungHyun masih saja tidak sadarkan diri. Suki pun akhirnya sadar dan melihat kondisi SungHyun. Suki pun memeluk SungHyun dengan lembut,akhirnya SungHyun pun terbangun dan seketika ingatannya lupa semua. Namun Suki mengetahui tentang itu dan mengawali pertemanan dengan SungHyun dari awal. Dan Suki yakin SungHyun akan menjadi pangeran di dalam hati nya.

-Selesai-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar